1.7.07

Real Time Strategy Games

(Hikmah Agung dibalik Kecanggihan Teknologi)

Saya seorang mechanic pesawat terbang tidak bisa membayangkan bagaimana sebuah Processor komputer yang hanya seukuran uang logam bisa bekerja begitu cepat dan hebat, apalagi cara membuatnya!

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana suatu system Software Games komputer bisa bekerja dan ter-skenario dengan baik sehingga games tersebut bisa terlihat real, apalagi cara membuatnya!

Semuanya ghaib bagi saya... pengetahuan dan akal saya belum atau tidak sampai ke arah situ. Tapi bagi sang ahli pembuat processor hal tersebut adalah mudah, begitu juga bagi sang ahli software games itu semuanya gampang dan bisa diatur…

Dari uraian singkat di atas ada hikmah yang begitu agung yang bisa kita ambil, bahwa segala sesuatu pasti sangatlah mudah bagi SANG AHLI dalam mendesain dan membuat sesuatu yang sesuai dengan keinginan atau kehendaknya.

Begitu juga dengan kehidupan di bumi dan alam semesta ini, pasti sangatlah mudah bagi Zat Yang Maha Pencipta dalam menciptakan sesuai dengan kehendak-Nya.

Allah subhanahu wa ta'ala menciptakan dan menghendaki kehidupan di bumi ini laksana strategy games komputer yang super hebat lengkap dengan super skenario dan manualnya yang semuanya berbasis waktu & ruang…

Mudah bagi Allah menciptakan seekor lalat yang kecil tapi luar biasa cekatan…
Mudah bagi Allah menciptakan Manusia lengkap dengan kesempurnaannya plus software rasa dan akalnya serta karakternya masing-masing…
Mudah bagi Allah menciptakan Jin, makhluk ghaib yang mereka bisa melihat manusia tapi manusia tidak bisa melihat mereka…
Mudah bagi Allah menciptakan Malaikat-malaikat yang selalu patuh dan ta’at atas segala tugas dan perintah-Nya serta tidak ada kata maksiat dalam keberadaannya…
Mudah bagi Allah menciptakan karakter syetan dari jenis Jin dan Manusia yang menjadi pengikut-pengikut Iblis yang terlaknat…
Mudah bagi Allah membolak balik hati manusia…
Mudah bagi Allah subhanahu wa ta'ala untuk menjadikan semua manusia untuk patuh kepada-Nya sebagaimana malaikat, seperti yang tersirat dalam Quran "…Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja)…” Q5.48, ...tapi bukan itu yang Allah swt kehendaki!

Allah subhanahu wa ta'ala Maha Pencipta & Maha Berkehendak... Semuanya mudah bagi-Nya… “Kun fayakun!” jika Dia berkehendak maka jadilah segala sesuatu yang Dia kehendakinya.


Beberapa kesimpulan…
  • Tidak ada alasan sedikit pun bagi kita untuk berlaku sombong dengan segala sesuatu yang kita peroleh atau kita miliki. Karena sesungguhnya semua itu adalah bagian dari pemberian dan kehendak Allah subhanahu wa ta'ala Sang Maha Pencipta.
  • Sebagian ayat dan sifat Sang Pencipta ada pada makhluk-makhluk ciptaan-Nya.
Satu pertanyaan…

Laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa 'ala kulli syai-in qodiir

"Tidak ada Tuhan (yang berhak untuk disembah dan diibadahi dengan benar) kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu

Wallahu ‘alam.


Ref…
• Q2.30. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah (pengganti/pemimpin) di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khaliifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
• Q51.56. Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi /beribadah kepada-Ku.
• Q57.20. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan & suatu yang melalaikan, perhiasan & bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta & anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering & kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras & ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.
• Q6.32 Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?

Baca juga: Khalifah adalah Pengganti


Best Technology?
Think again..!
Kecepatan (time base /basis waktu) dalam Quran…
• Q32.5.
Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.
• Q22.47.
… Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.
• Q70.4.
Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.
• Q10.5. Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya & ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu,
supaya kamu mengetahui bilangan tahun & perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.
• Q6.62. Kemudian mereka (hamba Allah) dikembalikan kepada Allah,
Penguasa mereka yang sebenarnya. Ketahuilah bahwa segala hukum (pada hari itu) kepunyaanNya. Dan Dia-lah Pembuat Perhitungan yang paling cepat.

No comments:

Post a Comment